Wednesday, March 25, 2009

Ngantuk sehabis makan siang? Normal atau tidak?


Ok, pernah atau ga sih, kita sehabis makan siang *yang selalu ditunggu-tunggu kalau sedang bekerja di kantor*, lalu tiba-tiba mengantuk? Pasti hampir semua orang pernah merasakan. *Abang Ganteng Penju pasti bisa langsung bernostalgila dengan pengalamannya tidur di toilet kantor, tempat dia bekerja dulu...hehehehe...*

Proses yang terjadi biasanya seperti ini:

1. "Perut Kenyang"
Makan Siang atau Lunch Time, full course, biasanya terdiri dari nasi 1 porsi lengkap dengan lauk sayur di-cah atau kuah bening, dengan tahu tempe, dan atau ditambah ayam goreng, atau rendang, kerupuk, buah dan es teh manis.

2. "Hati Senang"
Sehabis makan, dijamin, hati merasa senang, puas, energi bisa kembali lagi, otak bisa sedikit fresh karena sudah bisa sedikit ngobrol sana-sini.

3. "Mata Terpejam"
Karena sudah merasa puas, tiba-tiba, DROWSY-AFTER-LUNCH-VIRUS segera menyerang.


Biasanya rasa kantuk yang dialami itu super berat bahkan kadang-kadang sampai tak tertahankan, orang harus benar-benar mencoba untuk tidur. *toilet pun bisa dijadikan stasiun untuk tidur sejenak, setidaknya memejamkan mata!*

Huah! Sangat mengganggu ya? Kenapa sih harus begitu? KENAPA???? *lebay mode: on*

Nah, setelah melakukan sedikit research kecil-kecilan, gue berusaha menemukan jawaban yang paling sederhana dan dapat dimengerti orang.

Kenapa kita mengantuk? Biasanya itu terjadi karena aliran oksigen ke otak itu berkurang, sehingga kita mengantuk. Nah, apa hubungannya dengan makan kenyang dengan mengantuk. Rupanya, tubuh membutuhkan energi sebanyak-banyaknya untuk melakukan proses pencernaan. Seluruh aliran darah di tubuh kita itu "terkonsentrasi" untuk mendistribusikan energi ke bagian pencernaan. Oleh karena proses itu, asupan darah ke otak menjadi sedikit berkurang dan kita menjadi mengantuk. Proses ini normal dan sangat biologis.

Cara yang paling efektif untuk menghilangkan rasa mengantuk sehabis makan adalah, dengan berjalan kaki, atau bergerak, jangan duduk dan berdiam diri, tambah ngantuk deh...
Selain itu, rasa mengantuk ini juga akan hilang dengan sendirinya setelah makanan yang sudah masuk ke perut itu habis dicerna.

Ada juga sih penjelasan yang berhubungan dengan gula darah, serotonin, endorfin, dan lain-lain, duh, ga ngerti gue, terlalu istilah kesehatan dan kedokteran. Membingungkan.
Huehehehehe....

xoxo,
E!

3 comments:

  1. gw mah uda kelar makan dari tadi, tetep ngantuk...
    paling enak itu, malem makan yang banyak, terus langsung tidur
    resiko : perut buncit kaya perut gw

    ReplyDelete
  2. hidup perut buncit!!!!
    wakakaakkaka!!!

    ReplyDelete
  3. kta ga bahas perut nan buncit yah!! :P

    ReplyDelete